Suryana77's Blog

Senantiasa Belajar & Terus Belajar

  • Arsip

  • Iklan / Sponsor :

Sosialisasi OS OpenSource Harus Diawali dari Seorang Guru TIK

Posted by suryana77 pada April 29, 2012

Guru merupakan sosok yang digugu dan ditiru, hal inilah momentum untuk mensosialisasikan Sistem Operasi berbasis OpenSource. Seorang siswa mengenal dunia komputer diawali dari dunia pendidikan dengan dipelajarinya mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), tetapi hampir semua sekolah dari mulai SD sampai SMA mempelajari satu OS yakni Microsoft Windows. Padahal kurikulum KTSP memberikan kebebasan untuk mempelajari berbagai software sistem operasi dan bukan kepada satu OS saja (dalam hal ini Windows). Hampir semua lab. komputer di sekolah (mulai dari SD – SMA) menggunakan OS berbasis Windows dan hampir tidak ada yang menggunakan OS OpenSource (Linux).

lab komputer

Pada saat adanya kebijakan menggunakan OS OpenSource di lingkungan pemerintahan hal tersebut hanya akan menjadi proyek yang sia-sia, karena SDM di pemerintahan selama ini hanya menggunakan OS berbasis Windows sejak mereka duduk di bangku sekolah dan tidak mengenal OS OpenSource.

Salah satu cara yang paling efektif untuk mensosialisasikan OS OpenSource yaitu dengan mensosialisasikannya melalui seorang guru TIK di sekolah. Bila guru tersebut memnggunakan OS OpenSource lalu dilanjutkan dengan penggunakan OS OpenSource di lab. komputer sekolah maka dalam waktu cepat (3 – 5 tahun) masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan OS OpenSource. Sehingga kebijakan penggunakan OS OpenSource di pemerintahan akan menjadi kebijakan yang efektif, dikarenakan SDM sudah terbiasa menggunakan OS OpenSource tersebut sejak di bangku sekolah.

Lab komputer SMPN 40

Ayo guru Indonesia migrasikan komputer & laptop anda ke OS berbasis OpenSource, agar anak didik kita lebih kreatif dan inovatif.

2 Tanggapan to “Sosialisasi OS OpenSource Harus Diawali dari Seorang Guru TIK”

  1. bisida said

    Semoga Opensource bisa jadi solusi, bukan lagi sebuah alternative Pak…🙂 Saya juga pengguna Opensource

    • suryana77 said

      saya setuju sekali …
      hanya saja untuk tingkat SMP, baru sekedar memperkenalkan dan menggunakan saja …..
      setelah tingkat perguruan tinggi baru bisa pada tahap menjadikan sebagai solusi …..
      sama seperti bidang lain seperti sains, dimana tingkat SMP hanya tahap memperkenalkan dan menggunakan …. baru tingkat perguruan tinggi mencari solusi dan pemecahan masalah …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: