Suryana77's Blog

Senantiasa Belajar & Terus Belajar

  • Arsip

  • Iklan / Sponsor :

ThinkQuest, Blog & Facebook

Posted by suryana77 pada Februari 15, 2011

Beberapa bulan lalu dinas pendidikan DKI melakukan pelatihan penggunaan media pembelajaran baru yakni pemanfaat website ThinkQuest sebagai media pembelajaran yang katanya dapat membuat siswa/i berkolaborasi.

Contoh Laman ThinkQuest

ThinkQuest

ThinkQuest pada dasarnya sama saja dengan Blog dan Facebook, ketiganya sama-sama memberikan fasilitas dan fitur yang hampir mirip, mulai dari laman publikasi hingga komunikasi dengan user lain yang sama-sama mendaftar atau sudah terdaftar sebagai pengguna Blog atau Facebook.

Hanya saja, ThinkQuest memiliki sarana komunikasi yang ekslusif dan benar-benar terproteksi serta bertanggung jawab. Dikatakan Ekslusif karena hanya Admin & guru yang dapat mendaftarkan siswa untuk memiliki akun ThinkQuest.  Terproteksi karena hanya sesama member di ThinkQuest yang bisa mengirimkan pesan, bahkan ada fitur flag content yang tentunya sangat berperan dalam menandai dan mem-filter apapun yang diketik oleh member hingga siapapun yang menulis di ThinkQuest tidak akan semena-mena dengan bebasnya mengeluarkan unek-unek dan kata-kata kasar, kotor, asusila, jorok atau tak bermoral dalam seluruh content atau posting. Bahkan Administrator dan Guru, bisa saja menandai, dan menghapus apapun yang memang tidak layak dimunculkan dalam ThinkQuest terhadap karya-karya siswanya.

Blog

Blog (misalnya Blogger, WordPress, Multiply, Blogsome, dll) yang pada awalnya hanya sekedar menjadi media diary online untuk media curhat (curahan hati, curahan unek-unek) dari pemiliknya, saat ini makin berkembang dengan tujuan yang sangat kompleks. Banyak dari para blogger yang memang suka blogging untuk hal-hal dan tujuan positif, publikasi dari kegiatan positif, atau memposting berbagai inspirasi yang positif.

Banyak para bloger yang berlatang belakang guru yang memiliki blog untuk tujuan pendidikan/media pembelajaran. Mereka memanfaatkan blog untuk memberikan pengetahuan dan tugas, bahkan bisa dimanfaatkan untuk berkolaborasi antara siswa/i.

Tapi banyak pula dari para blogger yang sengaja membuat blog untuk tujuan eksploitasi sex, jebakan iklan, penyebaran virus komputer, bahkan menghujat orang lain, pihak lain, organisasi lain dan bahkan agama lain. Pokoknya bebas berekspresi. Sangat bebas… sesuai selera dari pemilik blognya.

Facebook

Facebook awalnya mungkin hanya sekedar dijadikan media untuk menampilkan profil pribadi bagi pemiliknya, dan saling bertukar profil dengan pengguna Facebook lainnya, tapi kemudian saat ini malahan makin berkembang untuk tujuan lainnya, bahkan misalnya untuk komunitas (group). Ada juga akun Facebook yang digunakan untuk beriklan barang atau jasa.

Facebook sebenarnya dapat kita jadikan sebagai media pembelajaran bagi para akun yang berlatang belakang guru. Bahkan bisa dijadikan media online pembelajaran yang jauh lebih atraktif dan inovatif di bandingkan dengan ThinkQuest atau Blog.

Penutup

Mudah-mudahan saja dengan posting ini, kita semua mulai bisa membuka mata hati dan nurani kita untuk memilih dan memilah, media apa saja yang pantasnya kita gunakan dalam komunikasi dan interaksi yang positif di dunia maya, dan bisa belajar memanfaatkan hal-hal yang positif dari berbagai layanan yang disediakan di internet.

Hanya saja, mulai saat ini, ThinkQuest mungkin akan menjadi media pelengkap lainnya selain Blog ( https://suryana77.wordpress.com ), website ( http://labkom40.tripod.com ) serta Facebook dalam proses belajar mengajar di sekolah dimana saya bekerja.

6 Tanggapan to “ThinkQuest, Blog & Facebook”

  1. saya pernah dapet informasi mengenai ThinkQuest namun tidak dilanjuti..
    bagaimana dengan bapak? apakah aktif menggunakan ThinkQuest???

    • suryana77 said

      Saya tidak terlalu aktif membuat project di thinkquest dikarenakan saya sendiri memiliki website yang saya gunakan untuk memberikan tugas2 kepada siswa/i saya.

      hanya saja saya kadang kala membuat project yg tujuannya agar thinkqiest saya aktif, apalagi saya sebagai admin thinkquest di tempat saya bekerja….

  2. Vina said

    mau tanya kalo cara membatalkan pesan yang kita kirim ke seseorang itu gimana caranya ya?

  3. Melina Meivana Grecia said

    pak saya ingin daftar ThinkQuest tapi bagaimana ya caranya……

  4. eMYe Hida said

    Ia Pak, Saya ingin mendaftar thinkquest tapi gmn cranya??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: