Suryana77's Blog

Senantiasa Belajar & Terus Belajar

  • Arsip

  • Iklan / Sponsor :

Hadapi UN Ulangan, Siswa Ikuti Pendalaman Materi

Posted by suryana77 pada Mei 10, 2010

Sumber: http://www.beritajakarta.com

Seluruh siswa SMP di DKI Jakarta yang gagal dalam ujian nasional (UN) utama, diminta untuk lebih mempersiapkan diri guna menghadapi UN ulangan yang akan digelar pada 17-20 Mei mendatang. Bahkan agar mereka dapat mencapai hasil maksimal, seluruh siswa diwajibkan mengikuti pendalaman materi di sekolahnya masing-masing, yang digelar serentak mulai Senin (10/5) hingga Sabtu (15/5) mendatang.

Data Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyebutkan, saat ini terdapat 39.179 siswa SMP yang gagal dalam UN utama 2010 atau sekitar 28,97 persen dari total 96. 057 peserta. Mereka terdiri dari siswa SMP sebanyak 30.492, SMP terbuka sebanyak 1.327 siswa dan MTs sejumlah 7. 360 siswa. Mereka diwajibkan mengulang UN agar dapat lulus dan mendapatkan ijazah. Umumnya mereka gagal di mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, dan Bahasa Indonesia.

“Tentunya yang kemarin (kegagalan UN-red) akan dijadikan pelajaran agar ke depan dapat menjadi lebih baik lagi. Sebenarnya ini kelulusan yang tertunda karena siswa masih ada kesempatan untuk mengikuti UN ulangan pada pekan depan. Kami berharap seluruh siswa sudah mempersiapkan diri dalam waktu seminggu ini,” ujar Taufik Yudi Mulyanto, Kepala Dinas Pendidikan DKI, saat meninjau pendalaman materi di SMP Said Naum, Tanahabang, Jakarta Pusat, Senin (10/5). Taufik beserta rombongan juga meninjau pendalaman materi di SMPN 273 Tanahabang dan SMPN 216 Salemba.

Ia menyebutkan, kehadirannya di tiga sekolah ini untuk memberikan motivasi pada seluruh siswa yang akan mengikuti UN ulangan. Selama sepekan ini, ia beserta jajaran Dinas Pendidikan DKI, akan meninjau dan memberikan semangat pada seluruh siswa yang gagal dalam UN utama, agar mampu mengerjakan saat ujian nanti. Motivasi dan dorongan dari berbagai pihak, agaknya memang perlu diberikan pada seluruh siswa yang gagal dalam UN tersebut.

Taufik juga meminta agar pihak sekolah dan orangtua murid, turut memberikan pengawasan terhadap siswa tersebut. Selanjutnya, agar ada keseimbangan  peninjauan yang dilakukan oleh jajaran Dinas Pendidikan ini akan dilakukan secara merata. Tidak hanya SMP negeri, akan tetapi juga SMP swasta, turut menjadi sasaran peninjauan.

Kepala Bidang Pendidikan SMP dan SMA Dinas Pendidikan DKI, Amsani Idris, mengatakan, untuk menghadapi UN ulangan, siswa memang perlu diberikan pendalaman materi. “Pembinaan dan motivasi memang perlu diberikan pada siswa agar mereka lebih bersemangat. Bahkan siswa juga mengikuti siraman rohani agar hatinya tidak gundah,” ujar Amsani, yang turut dalam peninjauan tersebut.

Kepala SMP Said Naum, Indra Purnama, menyebutkan, jumlah peserta UN utama yang gagal sebanyak 45 siswa dari total 104 siswa. Pada tahun lalu, dari total 76 siswa peserta UN, yang lulus mencapai 73 siswa dan yang gagal hanya 73 siswa. Ia menduga, banyaknya siswa yang tak lulus UN karena bobot materi UN tahun 2010 ini lebih berat dibanding tahun sebelumnya. “Faktor lainnya adalah, tingkat disiplin pelaksanannya juga lebih ketat. Idealnya pelaksanaan UN memang seperti itu,” katanya.

Kepala SMPN 273, Taufik, mengatakan, jumlah siswa yang gagal dalam UN utama adalah mencapai 123 siswa dari total 135. Dengan kata lain, siswa yang lulus UN kemarin hanya 12 siswa. Di sekolah ini, umumnya siswa berasal dari kalangan tidak mampu yang sehari-hari tinggal di pinggir rel kereta api di kawasan Tanahabang.

“Mulai hari ini sampai Sabtu mendatang, kami melakukan pendalaman materi bagi siswa yang gagal dalam UN utama. Diharapkan upaya maksimal ini akan membuahkan hasil dan mereka lulus semua dalam UN ulangan kelak,” katanya.

Beberapa siswa yang gagal dalam UN utama mengaku optimis dapat lulus pada UN ulangan nanti. Apalagi pendalaman materi akan diterimanya dalam sepekan ini. Mereka juga akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin, dengan cara belajar setiap hari dan mengurangi jam untuk main.

“Saya yakin, waktu seminggu ini cukup untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UN ulangan. Saya juga optimis dan terus berdoa agar bisa mengerjakan seluruh soal ujian dengan tenang,” ujar Winda, salah satu siswa SMP Said Naum. Ia harus mengikuti UN ulangan untuk dua mata pelajaran yang tak lulus, yakni Matematika dan Bahasa Inggris.

Hal senada ditandaskan Fitriyana dan Melani, siswa SMP Said Naum lainnya yang tak lulus dalam UN utama. Mereka  optimis dapat lulus dalam UN ulangan nanti. “Doakan saja ya, agar kami dapat mengerjakan soal-soal UN dengan baik dan benar,” katanya. Mereka sempat menangis karena tak menyangka bakal tidak lulus dalam UN. Padahal mereka yakin jawaban yang diisi dalam UN kemarin telah benar semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: