Suryana77's Blog

Senantiasa Belajar & Terus Belajar

  • Arsip

  • Iklan / Sponsor :

GURU ITU PEMIMPIN SEJATI

Posted by suryana77 pada September 14, 2009

Orang yang berpredikat sebagai guru yang tugas sehari-harinya sebagai membimbing, mendidik dan mengajar sebenarnya merupakan seorang pemimpin sejati. Karena kalau ditelusuri menurut konsep kepemimpinan, maka guru memiliki semua kriteria sebagai pemimpin.

Guru sebagai pemimpin dalam tugasnya tidak sama dengan pemimpin yang dijumpai dalam organisasi massa. Kepemimpinan guru belum tentu memiliki kemampuan psikososial (bakat kepemimpinan), berbeda dengan mereka yang berada dalam organisasi massa umumnya pemimpin yang bernaung pada wadah tersebut telah memiliki dasar kemampuan psikososial. Sehingga pemimpin-pemimpin dalam organisasi massa lebih terkenal dan dapat bertahan untuk masa yang lama.

Sesungguhnya kepemimpinan guru mempunyai kelebihan daripada pemimpin lainnya karena guru dapat berdiri di belakang, di tengah dan di depan. Ketiga hal tersebut selalu dilaksanakan bila ia sedang berdiri di hadapan para peserta didiknya. Di samping itu guru senantiasa memberikan teladan yang kongkret, contoh yang baik, mendorong, memotivasi dan mengikuti massa (peserta didik) agar dapat bertindak dan berprilaku baik.

Guru itu pemimpin yang mempunyai tugas ganda. Tidak hanya mengajar dan mendidik melainkan juga harus dapat memberi rangsangan, pengaruh dan mengubah sikap. Guru sebagai pemimpin mempunyai tugas mengembangkan kepribadian massa (peserta didik) agar memiliki mental yang tangguh. Adapun cara yang dipergunakan hanya atas dasar kasih sayang belaka. Kadang-kadang juga diselingi dengan bentakan.

Pemimpin sejati yaitu pemimpin yang dapat memberi sinar terang (pelita) kepada massa, pengikutnya yang berada dalam kegelapan. Kenyataan yang demikian ini dapat ditemukan pada profil guru. Ia selalu mengusahakan, mencarikan dan memberikan informasi yang sekiranya dibutuhkan oleh massa (peserta didik). Lagi pula guru akan menyampaikan denan sejelas-jelasnya. Bila di antara massa ada yang belum dapat memahami ia sanggup mengulang kembali penjelasannya. Dirinya menjadikan banyak orang terangkat ke atas dunia terang, tahu tentang sesuatu dari kegelapan dan kesamar-samaran.

Guru mengemban tugas penuh dengan tanggung jawab. Semua usahanya diarahkan untuk terwujudnya pembangunan dan kesatuan nasional. Ia tidak segan-segan menegur dan memperbaiki sikap anak didik yang kelihatan “melenceng”. Ladang yang ditekuni memerlukan dedikasi yang tinggi dan bukannya tempat untuk menambang emas atau memperkaya diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: