Suryana77's Blog

Senantiasa Belajar & Terus Belajar

  • Arsip

  • Iklan / Sponsor :

CPO vs Negara Barat

Posted by suryana77 pada Februari 19, 2009

Industri sawit Indonesia kerap menjadi sasaran tembak lembaga swadaya masyarakat di Eropa. Berbagai isu kampanye negatif disebarkan dengan insentif yang intinya bahwa perkebunan kelapa sawit merusak iklim sehingga patut ditolak untuk masuk ke wilayah itu.

 

Isu yang baru saja berlalu adalah tudingan perkebunan sawit yang banyak memakan lahan gambut. Namun, hal itu tidak membuat pelaku usaha industri sawit bernapas lega. Pasalnya, kini mengemuka isu high conservation value (HCV) atau nilai conservasi tinggi yang terkandung dalam suatu kawasan perkebunan sawit.

 

Isu mutakhir yang disinyalir bakal bergulir adalah carbon footprint alias jejak karbon. Jejak karbon adalah ukuran dampak aktivitas manusia pada lingkungan dalam hal memproduksi gas rumah kaca, dilihat dari kandungan karbondioksida.

 

Berbagai isu yang mengadang industri sawit Indonesia diduga terkait dengan kekhawatiran Eropa dan Amerika terhadap peluang minyak sawit (CPO) menggantikan minyak kedelai.

 

Sawit lebih mudah dibudidayakan, ramah lingkungan, dan tidak memerlukan lahan yang luas jika dibandingkan tanaman kedelai. Akibatnya, biaya produksi CPO lebih rendah dibandingkan minyak nabati lainnya. Selain itu, kandungan trans fatty acid atau (TFA) yang berbahaya bagi kesehatan ditemukan diminyak kedelai telah mendorong konsumen beralih ke minyak sawit yang bebas TFA.

 

Dengan berbagai sisi positif tersebut, sejak 2004, penjualan CPO sudah melewati volume penjualan kedelai. Maka, jangan heran apabila industri sawit dalam negeri terus ditekan negara Barat. Opini dunia pun terbentuk bahwa industri sawit Indonesia adalah musuh lingkungan sehingga tidak boleh beredar di pasar. Bahkan, bila sawit diolah menjadi Biofuel –bahan bakar pengganti minyak fosil– Barat pun sepakat untuk menolaknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: